Mengenal Tumang, Desa Pengrajin Tembaga dan Kuningan di Boyolali

Kalau berbicara tentang kerajinan logam tembaga ataupun kuningan di Indonesia, nama desa Tumang pasti tidak akan terlewatkan. Tumang merupakan sebuah kawasan yang terdiri dari beberapa dukuh terletak di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini dikenal sebagai kawasan desa wisata pengrajin tembaga kuningan terbesar di Indonesia.

tumang boyolali
DavidGallery, Tumang Banaran Boyolali

Tumang sendiri sebenarnya bukan nama Desa, melainkan nama sebuah kawasan yang terdiri dari beberapa dukuh. Maka ketika anda hendak bertanya pada orang yang tinggal di sekitar kawasan ini “Tumang itu mana ya?”, anda akan balik ditanya “Tumang mana ya?”. Di kawasan ini sendiri ada dukuh Tumang Tempel, Tumangsari, Tumang Kukuhan, Tumang Banaran, Tumang Tegalsari, dsb. Orang-orang menyebutnya semua dengan nama Tumang. Kawasan Tumang sendiri secara administratif masuk dalam kawasan Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Nama Tumang sebagai kawasan pengrajin logam tembaga dan kuningan sudah dikenal sejak lama, hanya saja hal ini semakin “meledak” seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang begitu cepatnya, meskipun sebelumnya nama Tumang ini sudah dikenal di berbagai penjuru Indonesia dengan hasil-hasil kerajinannya, bahkan sampai mancanegara. Seiring dengan semakin mudahnya akses informasi, semakin bertambah tenar pula hasil-hasil kerajinan tembaga kuningan ini. Hal ini tidak terlepas dari munculnya para pengrajin milinial yang mengikuti arus perkembangan informasi.

Selanjutnya kita sedikit bicara tentang perkembangan kerajinan logam di wilayah ini. Menurut cerita orang-orang tua di sana, keahlian dalam membuat seni kerajinan logam ini sudah ada semenjak jaman kerajaan Mataram Islam. Kawasan ini dari dulunya merupakan tempat para pengrajin logam, kemudian keahlian ini diwariskan secara turun temurun hingga saat ini.

Pada awalnya, kerajinan yang diproduksi hanya sebatas peralatan rumah tangga seperti panci, wajan, kenceng, dandang, dan alat rumah tangga lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, mulai terjadi pembaruan ide, sehingga kerajinan-kerajinan tembaga dan kuningan tidak lagi hanya khusus pada perabotan rumah tangga. Hingga saat ini, mungkin sudah ratusan model bahkan ribuan model produk kerajinan logam tembaga dan kuningan ini seperti lampu gantung, lampu masjid, kubah, lampu duduk, bathub, lampu tempel,dan ratusan jenis produk lainnya. Bahkan tidak sedikit berbagai proyek-proyek besar, kini memakai jasa para pengrajin tembaga Tumang Boyolali ini seperti dekorasi hotel,pembuatan monumen, dsb.

kerajinan kuningan tumang
Replika pintu ka’bah, salah satu produk hasil kerajinan kuningan Tumang Boyolali

Itu adalah sekilas mengenai desa Tumang yang terletak di Kabupaten Boyolali, kawasan pengrajin tembaga dan kuningan yang kini telah berkembang begitu pesatnya dan dikenal di berbagai belahan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top